•
Pertumbuhan
berkaitan dengan perubahan yang bersifat kuantitatif
•
Mengacu pada
jumlah, besar, serta luas yang bersifat konkret yang biasanya menyangkut ukuran
dan struktur biologis
•
Seperti
tinggi tubuh, berat badan, kekuatan, ataupun proporsi
•
Pertumbuhan
adalah proses perubahan dan kematangan fisik yang menyangkut perubahan ukuran
atau perbandingan
•
Perkembangan
adalah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada kualitas fungsi
organ-organ jasmaniah dan bukan pada organ jasmani
•
Perkembangan
terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang termanifestasi pada
kemampuan organ fisiologis
•
Proses
perkembangan akan berlangsung sepanjang kehidupan manusia, sedangkan proses
pertumbuhan seringkali akan berhenti jika seseorang telah mencapai kematangan
fisik
•
Proses
pertumbuhan dan perkembangan harus berjalan seiring (saling bergantung dan
saling mempengaruhi)
•
Merupakan
proses yang tidak berdiri sendiri tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor
yaitu: hereditas, lingkungan, kematangan fisik dan psikis, serta aktivitas anak
sebagai subjek bebas yang punya otoritas untuk membuat pilihan, menerima,
menolak, serta memiliki emosi
B.
Prinsip-prinsip Perkembangan
•
Pengetahuan
tentang pola perkembangan akan membantu mengetahui apa yang diharapkan dari
anak pada usia dan perilaku tertentu, serta kapan pola tersebut akan diganti
oleh pola yang lain
•
Pengetahuan
tentang apa yang diharapkan dari anak pada usia tertentu memungkinkan
disusunnya pedoman dalam bentuk skala tinggi, berat badan, skala mental, dan
skala perkembangan sosial atau emosional
•
Berhasilnya
suatu perkembangan membutuhkan bimbingan dan pembinaan
•
Pengetahuan
tentang perkembangan anak akan digunakan sebagai perbandingan untuk mengenali
karakteristik dimasa yang lalu dan masa sekarang
Prinsip-prinsip
Perkembangan menurut Hurlock
- Perkembangan melibatkan adanya perubahan
- Perkembangan awal lebih kritis dari perkembangan
selanjutnya
- Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan
belajar
- Perkembangan berlangsung seumur hidup dan meliputi
seluruh aspek
- Setiap individu memiliki kecepatan dan kualitas
perkembangan yang berbeda
- Secara relatif, perkembangan beraturan dan mengikuti
pola-pola tertentu
- Perkembangan berlangsung secara berangsur-angsur,
sedikit demi sedikit
- Perkembangan berlangsung dari kemampuan yang
bersifat umum menuju yang ke lebih khusus
- Secara normal, perkembangan individu mengikuti
seluruh fase, tetapi karena faktor-faktor khusus, fase tertentu dilewati
dengan cepat atau sangat lambat
- Pada saat tertentu dan dalam bidang tertentu,
perkembangan pria berbeda dengan wanita
- Rangsangan positif diperlukan untuk perkembangan
sempurna
- Pola perkembangan dapat diramalkan
- Setiap periode perkembangan mengandung harapan
sosial
- Dalam perkembangan ditemui perbedaan individu
- Kebahagiaan bervariasi pada berbagai fase
perkembangan
C.
Aspek-aspek Perkembangan
- PERTUMBUHAN FISIK
•
Merupakan
pertumbuhan struktur tubuh manusia yang terjadi sejak masih dalam kandungan
hingga dewasa
•
Proses
perubahannya adalah menjadi panjang (pertumbuhan vertikal) dan menjadi
lebar/tebal (pertumbuhan horizontal) dalam suatu proporsi bentuk tubuh
2.
PERTUMBUHAN OTAK
•
Otak
merupakan organ vital yang sangat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang
karena fungsinya sebagai pusat koordinasi aktivitas gerakan, tingkah laku,
maupun psiko-motor
•
Beberapa
macam zat atau keadaan seperti kekurangan oksigen, kekurangan nutrisi dan
keracunan obat akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak sehingga
fungsinya juga terpengaruh
3.
PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK
•
Merupakan
perkembangan mengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan-kegiatan yang
terkoordinasikan antara susunan syaraf pusat, syaraf dan otot
•
Dimulai
dengan gerakan-gerakan kasar (gross movement), melibatkan bagian-bagian
besar tubuh : duduk, berjalan, berlari, meloncat, dll
•
Dilanjutkan
dengan koordinasi halus (finer coordination), melibatkan kelompok
otot-otot halus : meraih, memegang, melempar, menulis, menggambar, mewarnai,
dll
4.
PERKEMBANGAN KOGNITIF
•
Merupakan
perkembangan mental, inteligensia, belajar, pemecahan masalah, kreativitas,
imajinasi, ingatan, pembentukan konsep
•
Kemampuan
penalaran logis, menulis, membaca, dan berbahasa
5.
PERKEMBANGAN SOSIAL
•
Pencapaian
suatu kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan harapan sosial yang ada
•
Kerjasama,
persaingan yang sehat, kemauan berbagi (sharing), simpati, empati,
persahabatan, respon lingkungan
6.
PERKEMBANGAN EMOSI
•
Rasa,
perasaan, senang, puas, kecewa, marah, gembira
•
Rasa takut,
cinta, sedih, ingin tahu, duka cita, penasaran, dll
D. Tahap dan
Tugas Perkembangan
Secara umum,
tahapan perkembangan manusia akan melalui 3 tahapan pokok, yaitu :
1)
Tahapan
perkembangan pada masa konsepsi
2)
Tahapan
perkembangan pranatal, dan
3)
Tahapan
perkembangan post natal
Ø
Tiga tahap
perkembangan menurut Aristoteles :
- Masa
kanak-kanak (0-7 tahun)
- Masa anak
(7-14 tahun)
- Masa remaja
(14-21 tahun) setelah itu adalah masa dewasa
Ø
Tahap
perkembangan menurut Jean Jacques Rousseau :
- Masa bayi (0-2
tahun) anak hidup sebagai binatang
- Masa
kanak-kanak (2-12 tahun) anak hidup sebagai manusia
- Masa remaja
awal (12-15 tahun) anak hidup sebagai petualang perkembangan intelek dan
pertimbangan
- Masa remaja
sesungguhnya (15-24 tahun) anak hidup sebagai manusia beradab
Ø
Tahap
perkembangan menurut Stanley Hall :
- Masa
kanak-kanak (0-4 tahun) sebagai binatang melata dan berjalan
- Masa anak (4-8
tahun) sebagai manusia pemburu
- Masa
puber/remaja awal (8-12 tahun) sebagai manusia biadab/liar
- Masa
adolesen/remaja sesungguhnya (12-dewasa)
Ø
Tahap
perkembangan menurut Sigmund Freud :
- Tahap oral
(0-2 tahun) merasakan jika ada rangsangan benda, makanan atau apapun pada
mulut
- Tahap anal
(2-4 tahun) rangsangan pada dubur : buang air besar
- Tahap falik
(4-6 tahun) rangsangan atau sentuhan pada alat kelaminnya
- Tahap latensi
(6-12 tahun) dorongan seksualnya masih belum nampak
- Tahap genital
(12-dewasa) masa kematangan kehidupan seksual
Ø
Tahap
perkembangan menurut Jean Piaget :
- Tahap sensori
motor (0-2 tahun) dapat membedakan dan mengetahui nama-nama benda
- Tahap
praoperasional (2-7 tahun) :
•
Tahap
prakonseptual (2-4 tahun) perkembangan bahasa yang sederhana
•
Tahap
pemikiran intuitif (4-7 tahun) masa berpikir khayal
- Tahap operasi
konkret (7-11 tahun) kemampuan berpikir konkret lebih tinggi : menambah,
mengurangi, membagi, menyusun, mengurutkan
- Tahap operasi
formal (> 11 tahun) kemampuan berpikir anak telah sempurna
Tahap perkembangan menurut Donal
B. Helms dan Jeffrey S. Turner :
Masa prenatal/sebelum lahir
(konsepsi-lahir)
Masa bayi (0-2 tahun)
Kanak-kanak (2-3/4 tahun)
Anak kecil (3/4-5/6 tahun)
Anak (6-12 tahun)
Remaja (12-19 tahun)
Dewasa awal (19-30 tahun)
Dewasa akhir (30-65 tahun)
Usia lanjut (> 65 tahun)
sumber:dosen perkembangan peserta didik"mashudi alamsyah"
sumber:dosen perkembangan peserta didik"mashudi alamsyah"
makasih info nya mba..saya mau tanya, kalo tahap perkembangan menurut Donals B Helms & Jeffrey ada penjelasan perkembangan nya gak?
BalasHapusoh mohon maaf mba ,,
Hapusgak ada untuk pembahasan itu , :D