penyebab letih

Tiba-tiba Merasa Letih ? Ini Penyebabnya

Apakah anda pernah tiba-tiba merasa letih dan lesu padahal tidak melakukan pekerjaan yang melelahkan ? Kenapa hal ini bisa terjadi ? Jika dilihat dari keseharian, bisa jadi hal ini disebabkan oleh berbagai hal yang mungkin tidak dilakukan seperti kurang minum atau pengaruh dari konsumsi obat. Selain membuat badan menjadi tidak enak , aktivitas kita akan terganggu dengan adanya keadaan letih dan lesu ini.

Ada beberapa hal yang menyebabkan tubuh mendadak menjadi letih dan lesu. Dengan mencari tahu penyebabnya, kita bisa mencari solusinya agar dapat terhindar dari keadaan ini.

1. Penggunaan alat komunikasi hingga larut malam
Memeriksa ponsel sebelum tidur sangat berpengaruh terhadap aktivitas otak dan membuat kita kesulitan untuk tidur. Selain itu, cahaya biru dari layar gadget dapat menghambat produksi hormon tidur melatonin dan membuat kita kelelahan keesokan harinya. Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup, sehingga kita akan merasa terlalu lelah jika waktu tidur terlalu singkat atau tidak nyenyak.

2. Pengaruh obat
Beberapa obat dapat memiliki efek samping yang menguras energi, sehingga kita akan merasa lesu dan kurang bertenaga sepanjang hari. Obat-obat tersebut seperti beberapa golongan antidepresan, obat untuk mencegah migrain atau obat tekanan darah tinggi yang mengandung beta-blocker. Jika kita baru saja memulai terapi obat dan merasa lesu setelah mengonsumsinya, tanyakan kepada dokter apakah ada obat lain yang tidak menimbulkan efek samping tersebut.

3. Olahraga terlalu keras
Olahraga secara teratur memang baik untuk keseluruhan kesehatan, Namun jika kita terlalu keras berolahraga justru dapat memicu hormon stres atau kortisol. Coba pilihlah rutinitas olahraga yang ringan misalnya dengan berjalan sekitar 30 menit untuk menjaga kestabilan produksi kortisol.

4. Dehidrasi
Dehidrasi dapat membuat kita merasa lesu dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Bahkan dehidrasi sedang dapat menyebabkan penurunan berat badan hingga 3 persen dari berat badan awalnya.Kebanyakan orang akan mengira bahwa ketika tubuh terlalu letih dan kepala terasa pusing, dirinya membutuhkan makanan agar kembali kuat. Tetapi cobalah untuk minum segelas atau dua gelas air, karena mungkin keletihan dan kelelahan yang dirasakan tersebut disebabkan karena dehidrasi.

5. Kekurangan makanan yang mengandung zat besi
Mineral zat besi berfungsi mengangkut dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh serta membantu membersihkan limbah dari sel-sel tubuh. Sehingga jika kita kekurangan zat besi, tubuh akan merasa kelelahan.
Kadar zat besi yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan anemia, defisiensi zat besi. Jika sering merasa lesu, tanyakan kepada dokter apakah perlu melakukan tes darah sederhana untuk mengetahui apakah memerlukan suplemen zat besi.
Untuk mengatasi masalah hal ini dapat mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan sayuran hijau.

(Dikutip dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar teman , karena negara ini bebas berpendapat namun adakala peraturan nya yaitu sopan dan tidak mengandung sara , terimakasih atas partisipasinya :)

 

leave me alone please don't cry Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea