membuka mata

Dalam hidup, kita pasti pernah melakukan kesalahan dari waktu ke waktu. Hidup adalah pembelajaran untuk terus mengurangi kesalahan. Tidak usah takut berbuat salah, asalkan kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Segala kesalahan yang pernah kita perbuat, alangkaah bijaknya jika kita selalu merenungi penyebabnya. Sehingga kita bisa membuka hati kita agar selalu mengevaluasi diri atas segala kekurangan diri kita sebagai manusia. Hindari diri kita dari perasaan merasa bersalah yang mengakibatkan emosi kita larut dalam kesedihan.

Seorang dokter spesialis yang kaya, baru saja membeli sebuah mobil sport baru yang tangguh dan sangat mahal. Untuk bisa menikmati mobil sport tersebut, dia berkendara ke luar kota menuju daerah pedesaan yang sepi. Begitu mencapai zona bebas kamera pengintai kecepatan, dia menekan habis pedal gas dan menikmati sentakan kecepatan mobil sportnya. Dengan mesin yang meraung-raung dan decit kelebatan kendaraan di sepanjang jalan desa, si dokter tersenyum melambung menikmati kecepatan tinggi.
Namun, seorang petani kucel yang sedang duduk di sebuah gerbang kandang peternakan, tiba-tiba berteriak sekeras-kerasnya untuk mengalahkan raungan mesin sport itu,"Baaaabbiiiiiii".
Si dokter tahu bahwa ia sudah bertingkah ugal-ugalan, benar-benar tak perduli dengan ketenangan di sekitarnya. Tetapi ia berpikir,"persetan!, gue berhak menikmati kesenangan gue sendiri."
Lalu dia menoleh dan berteriak kepada si petani, "lu yang babiii!".
Dalam sekejap saja, saat dia tidak mengarahkan pandangan ke jalan, mobilnya menabrak seekor babi di tengah jalan dan kehilangan kendali sehingga menabrak pohon pinggir jalan yang cukup besar. Mobil barunya ringsek berat, dan senasib dengan si babi, dia harus mondok beberapa minggu di rumah sakit dan kehilangan banyak uang untuk itu.

Kesalahan bisa jadi dikarenakan ego kita, oleh karena itu enyahkan ego kita.  Sehingga orang lainpun tidak akan melecehkan kita.  Sesuatu yang bijak jika kita meminta maaf atas segala kesalahan yang kita perbuat. Karena kita manusia pasti tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Bukalah selalu mata hati kita. Bukalah selalu jendela kehidupan yang baru untuk selalu belajar atas segal;a kesalahan. Yang terpenting, jangan takut berbuat salah karena dengan itu kita tidak akan berbuat kesalahan selanjutnya. Semoga kita adalah orang yang selalu belajar atas kesalahan yang kita perbuat, sehingga Allah SWT berkenan memberikan pengampunan atas segala kesalahan dan dosa kita baik yang telah maupun yang belum kita lakukan.


 sumber :http://age-nurhadi.blogspot.com/2012/05/membuka-mata-hati.html

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar teman , karena negara ini bebas berpendapat namun adakala peraturan nya yaitu sopan dan tidak mengandung sara , terimakasih atas partisipasinya :)

 

leave me alone please don't cry Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea