Individu dan Karakteristiknya


1.PENGERTIAN INDIVIDU

•Manusia adalah makhluk yang berpikir (homo sapiens)
•Makhluk yang berbentuk (homo faber)
•Makhluk yang dapat di didik (homo educandum)
•Berbagai pandangan tersebut membuktikan bahwa manusia adalah makhluk yang kompleks
•Individu berarti tidak dapat dibagi (undivided) dan tidak dapat dipisahkan
•Keberadaannya sebagai makhluk pilah, tunggal dan khas
•Individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, oknum
•Individu pasti membutuhkan lingkungan
•Lingkungan dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya
•Orang tua, tenaga pendidik, individu lain serta masyarakat sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu itu sendiri
•Seorang individu dilahirkan tidak dengan perlengkapan yang sudah sempurna
•Pola-pola berjalan, berbicara, merasakan, berpikir atau pembentukan pengalaman harus dipelajari

2. KARAKTERISTIK INDIVIDU

•Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan (heredity) dan karakteristik yang diperoleh dari pengaruh lingkungan
•Karakteristik bawaan merupakan karakteristik keturunan yang dimiliki sejak lahir yang menyangkut faktor biologis
•Karakteristik yang berkaitan dengan sosial psikologis lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan

3. ASPEK PERKEMBANGAN INDIVIDU

•Aspek lingkungan pendidikan (kegiatan belajar mengajar) sangat mempengaruhi perkembangan individu
•Yang mendasari berjalannya tujuan pendidikan dan pengajaran yang diharapkan tergantung bagaimana peran pengajar (Guru) dalam menciptakan situasi belajar yang kondusif
•Seorang Guru harus memiliki sikap :
Menerima
Rasa aman
Memahami perbedaan karakteristik individu
Bersahabat
Manusiawi
B. Perbedaan individu
•Pada dasarnya masing-masing individu memiliki “keunikan” tersendiri
•Unik dapat dimaknai bahwa tidak ada manusia yang sama
•Bahwa kondisi manusia bersifat tidak menetap
•Adanya ciri khusus pertumbuhan dan perkembangan
•Manusia dapat memanipulasi sikap dan perilaku
Kondisi individu yang harus diperhatikan dalam kegiatan pengajaran :
1.Pertumbuhan dan perkembangan anak
2.Pribadi siswa
Fungsi kognitif
Fungsi konatif dinamik
Fungsi afeksi
Fungsi sensorik-motorik
Fungsi pribadi yang lain
C. Pentingnya Pemahaman Perkembangan Peserta Didik
•Mempelajari berbagai aspek psikologi dan perkembangan anak (peserta didik) sangat membantu keberhasilan proses pengajaran
•Karena dengan memahami berbagai faktor yang merupakan kondisi awal anak, akan menjadi alat bantu yang penting bagi penyelenggara pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar teman , karena negara ini bebas berpendapat namun adakala peraturan nya yaitu sopan dan tidak mengandung sara , terimakasih atas partisipasinya :)

 

leave me alone please don't cry Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea