Awas… Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri




Masih inget gak, waktu kecil kita mungkin pernah diingatkan oleh orangtua kita agar kalo makan dan minum janganlah sambil berdiri. “saru lhee…”, demikian kata ibuku waktu itu. Yaah waktu itu sih nurut aja tanpa nanya lebih lanjut. Tapi, sebenernya ada apa sih kok sampe gag boleh, terlepas dari ajaran agama dan budaya..



Ketika seseorang makan dan minum sambil berdiri maka akan terjadi apa yang dinamakan dengan “refluks asam lambung”.


Bahasa sederhananya adalah kondisi dimana asam lambung akan naik menuju ke saluran Esofagus dan dapat mengakibatkan sel-sel kerongkongan mengalami iritasi. Iritasi sel kerongkongan ini dapat terjadi dikarenakan nilai pH asam lambung yang memang sangat tinggi, yaitu antara pH 1 sampai pH 2,5 .


Dan hal ini (terkadang) ditandai juga dengan terjadinya “heartburn”, yaitu suatu gejala panas seperti terbakar yang menyesakkan dada. Apabila makan ( dan juga minum ) dengan berdiri dilakukan sekali dua kali, gejala ini mungkin tidak terlalu terasa.


Namun apabila dilakukan berkali-kali atau bahkan setiap saat dan menjadi sebuah kebiasaan ( makan dan minum sambil berdiri ), maka akibatnya akan cukup fatal. Dari hari ke hari sel kerongkongan akan mengalami iritasi. Sehingga suatu saat iritasi sel kerongkongan telah terakumulasi.


Akibatnya pada kondisi yang parah akumulasi iritasi kerongkongan ini pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya kanker Esofagus.


Nah sekarang lebih jelas ya


sumber ; http://jasadh.wordpress.com/2014/09/30/awas-bahaya-makan-dan-minum-sambil-berdiri/

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar teman , karena negara ini bebas berpendapat namun adakala peraturan nya yaitu sopan dan tidak mengandung sara , terimakasih atas partisipasinya :)

 

leave me alone please don't cry Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea