tawuran dan geng motor

Pada masa sekarang para anak sekolah sering melakukan tawuran dalam tawuran ini banyak yang melakukan adalah para anak SMP dan SMK/SMA yaitu usianya yang akan memasuki masa remaja dan masa muda, namun tak jarang juga para mahasiswa Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, mahasiswa tawuran bukan saja antar kampus tetapi terjadi juga di dalam satu kampus. Ini bisa terjadi karena kebiasaan buruk mereka sebelum menjadi mahasiswa. Bibit-bibit kekerasan sudah tertanam begitu dalam sebelum mereka melangkah ke jenjang mahasiswa.
sebenarnya pada usia yang begitu muda mereka tidak harus melakukan peristiwa seperti itu karena bisa merusak masa muda mereka dan bisa merusak generasi penerus bangsa.
Maraknya tingkah laku agresif akhir-akhir ini yang dilakukan kelompok remaja merupakan sebuah kajian yang menarik untuk dibahas. Perkelahian antar pelajar yang pada umumnya masih remaja sangat merugikan dan perlu upaya untuk mencari jalan keluar dari masalah ini atau setidaknya mengurangi.
mengapa pelajar begitu mudah untuk melakukan tindak kekerasan tawuran, inilah penyimpangan-penyimpangan yang tumbuh subur pada diri para pelajar. Mereka beralasan karena solidaritas pertemanan, di sinilah kekeliruan awal yang harus cepat dibetulkan sehingga tidak berkembang menjadi suatu kebutuhan untuk melakukan tawuran ini. Anak-anak pelajar adalah remaja harapan bangsa, yang akan menggantikan para pemimpin bangsa ini. Peran sekolah, lingkungan, orangtua dan pemerintah merupakan satu kesatuan yang harus bertanggung jawab dan bekerjasama dengan baik untuk menanggulangi permasalahan ini. Dengan adanya kerjasama, baik lingkungan pendidikan, orangtua dan pemerintah akan memberikan solusi untuk pemecahan masalah ini. Kementrian Pendidikan agar selalu menekankan sekolah-sekolah untuk berkomunikasi aktif dengan orang tua siswa dan pemerintah sendiri agar bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan untuk membuat kebijakan-kebijakan dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan selalu melakukan evaluasi secara kontinyu.
selain itu Berikan motivasi pelajar-pelajar dengan menggerakkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi agar mau membimbing dan berinteraksi sehingga bisa merubah pola pandang mereka untuk berbuat yang terbaik bagi dirinya, orang tuanya dan nama baik sekolah mereka.
selain tawuran hal yang sama yang sering dilakukan remaja yaitu geng motor
Keberadaan Geng Motor yang sudah mengganggu ketentraman masyarakat yang juga sering terlibat tindak pidana kriminal agar segera dibubarkan dan ditumpas.banyak faktor penyebab remaja terjerumus ke dalam kawanan geng motor. Namun, salah satu penyebab utama mengapa remaja memilih bergabung dengan geng motor adalah kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh terlalu sibuknya kedua orang tua mereka dengan pekerjaan, sehingga perhatian dan kasih sayang kepada anaknya hanya diekspresikan dalam bentuk materi saja. Padahal materi tidak dapat mengganti dahaga mereka akan kasih sayang dan perhatian orang tua.
Pada dasarnya setiap orang menginginkan pengakuan, perhatian, pujian, dan kasih sayang dari lingkungannya, khususnya dari orang tua atau keluarganya, karena secara alamiah orang tua dan keluarga memiliki ikatan emosi yang sangat kuat. Pada saat pengakuan, perhatian, dan kasih sayang tersebut tidak mereka dapatkan di rumah, maka mereka akan mencarinya di tempat lain. Salah satu tempat yang paling mudah mereka temukan untuk mendapatkan pengakuan tersebut adalah di lingkungan teman sebayanya. Sayangnya, kegiatan-kegiatan negatif kerap menjadi pilihan anak-anak broken home tersebut sebagai cara untuk mendapatkan pengakuan eksistensinya.
Faktor lain yang juga ikut berperan menjadi alasan mengapa remaja saat ini memilih bergabung dengan geng motor adalah kurangnya sarana atau media bagi mereka untuk mengaktualisasikan dirinya secara positif.
Salah satu solusi yang bisa memperbaiki keadaan mereka secara efektif adalah peran;
1.         Diperlukannya peranan orang tua dalam membimbing perkembangan anaknya.
2.         Penanaman Nilai-nilai Agama
3.         Peningkatan pendidikan
4.        Tindakan tegas aparat hokum(pihak polisi juga melakukan razia motor-motor yang tidak memiliki surat-surat dan tas-tas sekolah yang dicurigai membawa senjata tajam ke seluruh sekolah)
5.         Penyaluran minat dan bakat anak sejak dini
6.         Mengikuti kegiatan-kegiatan positif
Jadi, dari pada para kita melakukan hal tidak berguna bagus kita melakukan hal yang sangat berguna yaitu pendidikan dalam dunia pendidikan kita bisa belajar gimana bisa menanggapi masalah dengan benar tidak harus tawuran apa lagi berantam, maka sebelum kita bertidak untuk melakukan hal yang buruk kita harus memikirkan apa akibat yang kita timbulkan dan apa manfaatnya bagi kita serta masyarakat luas.
Mungkin di jaman sekarang susah untuk bisa mendinginkan keadaan yang sudah terbawa emosi, walaupun sekarang sudah tapi cobalah terapkan sikap untuk bisa bermusywarah dan bisa memberi jalan pintas bagi yang tekena masalah jadi tidak ada lagi tawuran maupun geng motor yang selalu membuat rusuh masyarakat Lebih baik kita meneruskan pendidikan kita dari pada tawuran atau melakukan hal yang lain yang bisa menyebabkan rusaknya pendidikan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar teman , karena negara ini bebas berpendapat namun adakala peraturan nya yaitu sopan dan tidak mengandung sara , terimakasih atas partisipasinya :)

 

leave me alone please don't cry Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea